SHAMIR'S WEB BLOG

January 14, 2009

Memotivasi diri

Filed under: psikhologi — samiranshamir @ 8:39 am

Teknik Karet Gelang Merah

 

Teknik s ini diberikan dikemukakan oleh  Robert G. Allen, dari New York.  Dia  mengatakan, bahwa dalam setiap tindakan kita, selalu ada pikiran positif dan negatif.

Mesklipun kita dalam keadaan diam, misal saat kita mau bangiun pagi. Pikiran positif saat itu misalnya kita harus segera bangun dan mandi untuk segera melaksanakan aktifitas. Sedangkan pikiran negatifnya  misalnya  “tar dulu ah masih ngantuk”. Kedua pikiran ini sama kuratnya dan cenderung sulit memenangkan yang positif akibat ada kecenderungan lebih mudah untuk melaksanakan pikiran yang negative. Untuk itu perlu ada upaya yang dapat memenangkan pikiran positif. Salah satunya adalah dengan teknik gelang karet merah. Allen menggunakan gelang karet merah yang dipakai di pergelangan tangan kirinya. Ketika ada pikiran negative mempengaruhi, dia langsung saja menjepretkan gelang karet mereh tersebut dengan tangan kanannya. Kelihatannya memang sangat aneh dan tidak masuk nalar. Namun ternyata pengaruhnya cukup besar  terutama membawanya kea lam bawah sadar si pemakai gelang karet merah terseebut. Apabila konsisten dengan menjepretkan gelang karet merah yang selalu dipakainya setiap kali ada pikiran negative, maka alam bawah sadarnya akan merekam menjadi satu kebiasaan yang harus dihindari.

Bagi yang belum pernah melakukan teori ini, senderung tidak percaya, atau justru penasaran. Nah kondisi penasaran akan lebih baik dari pada tidak percaya. Kondisi penasaran cenderung ingin segera memprakteikkan. Namun kalu kondisinya tidak percaya, akan sulit mempraktikkan.

 

Pertanyaan yang sering muncul dengan teknik ini adalah mengapa harus dengan gelang karet kok tidak daengan alat yang lain misalnya dengan pemukul kecil yang dikenakan pada lulut. Kalau memang harus deangan gelang karet, mengapa harus yang berwarna merah, mengapa pula harus dipakai di tangan kiri, bukan di tangan kanan.

 

Robert G Allen member alas an untuk pertanyaan ini bahwa meskipun kelihatannya sangat tidak beralasan dan tidak punya dasar, namun sebenarnya mempunyai makna yang sangat besar. Kaitannya dengan KOMITMEN DIRI. Kebanyakan orang bersemangat ingin berubah dan mau berubah, namun ketika ditunjukkan sebuah strategi kemudian DITAWAR. Padahal ini masalah komitmen. Apabila kita atau orang yang mau melaksanakan mau mencari gelang karet, yang berwarna merah, dan memasangnya di pergelangan tangan kiri, ini menyunjukkan bahwa orang kita atau tersebut telah membuktikan mempunyai komiten tinggi untuk berubah. Namun apabila untuk hal kecil ini saja tidak mau dan masih ditawar, mungkin dapat dikatakan bahwa kita atau orang tersebut masih berada dalam tahap wacana dan angan-angan

 

Hal lain yang  sering juga dipertanyakan adalah hal perbedaan pikiran negative dan positif. Mana yang merupakan pikiran negative dan mana pula yang merukana pikiran positif. Daftar berikut dapat dipedomani untuk mengetahui pikiran-pikiran negative, yang perlu dihindari.

 

Menunda, malas, marah, lesu, curiga, malu, ragu-ragu, rendah diri, sombong, egois, minder, kuatir, berkata-kata kotor, cemburu, patah hati, takut, berpikir jorok, dengki, iri, sirik, dendam, sinis, cemberut, pesimis, takut gagal, resah, takut memulai, cuek, acuh, pasif, cemas, menipu, merajuk, murka, fitnah, ingin menang sendiri, bergosip ria, merasa tak pernah salah, berbohong, berprasangka buruk, meremehkan, dan lain sebagainya.

Bagi yang tertarik, silahkan dicoba, bagi yang ingin berbagi dengan teman silahkan di share. Ok, selamat mencoba.

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: