SHAMIR'S WEB BLOG

February 17, 2009

TOT Guru Matematika SMA SMK Prop Jateng

Filed under: Informasi — samiranshamir @ 4:09 am

Menyikapi betapa beratnya mensukseskan hasil ujian nasional SMP, SMA dan SMK, baik sukses peyelenggaraan maupun sukses kelulusan, Dinas Pendidikan Prop Jateng mengambil langkah-langkah tertentu. Salah satunya adalah menyelenggarakan TOT Guru SMA SMK se propinsi Jawa Tengah, khususnya guru Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, yang tergabung dalam pengurus inti MGMP di kabupaten/kota masing-masing. Khusus untuk TOT Guru Matematika SMA dan SMK dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Februari s.d. Rabu 18 Februari 2009 di LPMP Jawa Tengah.
Tujuan dari penyelenggaraan TOT tersebut adalh:
1. Meningkatkan kompetensi dan optimalisasi peren guru, khususnya guru/instruktur/pengurus inti MGMP Matematika di SMK Kabupaten/Kota se Jawa Tengah
2. Menumbuhkan komitmen professional Guru Matematika untuk menganalisis , menyusun kisi-kisi, dan penyusunan prediksi soal Ujian Nasional.
3. Menyusun Action Plan penyelenggaraan TOT serupa di masing-masing Kabupaten dan Kota masing-masing, melalui kegiatan MGMP mate pelajaran (matematika)
4. Meningkatkan pengetahuan , kemampuan, dan ketrampilan dalam mengelola pembelajaran bagi guru Matematika SMA SMK
5. Mengaplikasikan hasil kegiatan kepada peserta didik dengan harapan bermuara pada peningkatan angka kelulusan Ujian Nasional.
Hasil yang diharapkan adalah:
1. Terjadi peningkatan kemampuan, ketrampilan, dedikasi para pengelola sekolah, sehingga tercapai peningkatan mutu pendidikan di sekolah
2. Peningkatan ketrampilan analisis dan ebaluasi serta prediksi soal Ujian Nasional berdasarkan kisi-kisi yang sudah ditentukan
3. Terlaksananya desentralisasi yang efektif dan bermutu dalam bidang pendidikan
Isi dari TOT tersebut terutama diarahkn kepada menyikapi Standar Kelulusan (SKL) dan kisi-kisi Ujian Nasional tahun 2008/2009, yang telah dikeluarkan oleh Depdiknas. Para peserta dituntut untuk dapat menyusun kisi-kisi dan seperangkat soal (berdasarkan kisi-kisi yang dibuat) untuk diujicobakan kepada para siswanya di sekolah masing-masing. Minimal harus dapa membuat 3 paket soal A dan 3 soal paket B, yang akan diujicobakan pada para siswa di sekolah masing-masing.
Dengan 3 paket soal A dan 3 paket soal B tersebut yang selanjutnya diujicobakan pada siswa masing-masing, harapannya para siswa akan dapat memperoleh kelulusan dengan ralatif mudah, akibat telah melaksanakn Ujian Uji Coba dengan beberapa paket soal.
TOT kali ini diikuti oleh sekitar 100 guru Matematika SMK di Jawa Tengah dari 35 Kabupaten dan Kota.
Yang menarik dari kegiatan ini adalah para peserta mendapatkan ilmu bagaimana cara menelaah SKL dan kisi-kisi, cara penulisan kisi-kisi dan soal.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: