SHAMIR'S WEB BLOG

June 12, 2009

Info SMK 1

Filed under: Informasi — samiranshamir @ 7:53 pm

Ujian akhir nasional tampaknya masih menjadi momok bagi para siswa saat ini. Tidak terkecuali para siswa SMK N 1 Semarang. Betapa tidak? untuk menuju pada kesiapan melaksanakan ujian tersebut, berbagai upaya dilakukan. diantaranya adalah mendatangkan orang tua kelas XII untuk diajak diskusi bersama dalam mempersiapkan anak anaknya menghadapi situasi mencekam ujian nasional. Pemerintah Propinsi Jateng juga tidak kalah gesitnya, dengan mengalokasikan sejumlah anggaran untuk mengambil sikap terhadap para guru matematika, bahasa indonesia dan bahasa inggris, dengan diberikan wahana workshop yang bertajuk mirip dengan “menuju sukses ujian nasional” sukses penyelenggaraan dan sukses hasil (tingkat kelulusan). Sekitar 4 bulan sebelum ujian nasional digelar, workshop dilaksanakan di tingkat propinsi, untuk kemudian ditindaklanuti di tingkat kabupaten dan kota. Tak kerkecuali di kota Semarang. Meskipun masing-masing sekolah hanya diambil 1 orang guru yang harus mengikuti workshop, namun hasilnya tentu sangat membanggakan. Terbukti semangat para guru ketika tiba di sekolah masing-masing sangat meningkat dan penuh percaya diri, termasuk para guru di SMK N 1 Semarang. Kondisi ini tentu berpengaruh besar terhadap peningkatan kepercayaan para siswanya dalam menghadapi ujian nasional. Tumbuh dan meningkatnya kepercayaan diri para siswa pastilah akan berdampak positif terutama dalam aspek semangat belajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan kepercayaan diri dan optimisme untuk “lulus”.

Di sisi lain, di SMK N 1 Semarang rutin para siswanya kelas XII diajak shalat duha di masjid SMK N 1 Semarang. Istighosal tidak ketinggalan juga dilaksanakan atas prakarsa Kepala Sekolah (Drs. H. Sukali, MM). Pendampingan kelas juga diadakan. Setiap kelas didampingi oleh seorang wali kelasnya, KPK, guru BK, dan seorang guru senior, yang tugas pokoknya adalah mengarahkan, memberi semangat dan motivasi para siswanya dalam menghadapi ujian nasional.

Satu lagi kegiatan yang tidak kalah prestisius adalah diselenggarakannya “Spirit Motivation Training” (SMT) sebagai bentuk spesifik dari Achievement Motivation Training (AMT), mengakomodasi ide saya yang saya lontarkan di rapat dinas, yang ditindaklanjuti pada rapat para guru pengampu mata pelajaran Matematika, B Indonesia dan B Inggris bersama Kepala Sekolah, dan wakil Kepala Sekolah. Pelaksanaan SMT dikordinasikan oleh saya sehubungan dengan adanya surat tugas dari Kepala Sekolah untuk melaksanakannya sebagai salah saru usaha penyadaran dan pembangkitan semangat bagi para siswa untuk belajar dan percaya diri.

Try out juga dilaksanakan hingga 4 kali. Dua kali dilaksanakan atas prakarsa Dinas Pendidikan Kota Semarang, dan dua kali dilaksanakan oleh sekolah. Khusus untuk kelas yang saya ajar, saya tambah dengan Try Out yang saya beri label Mandiri dan Jujur (Manjur).

Melihat hasil-hasil Try Out, saya merasa optimis siswa siswa yang saya ajar bakal lulus semua, meskipun sekita 2 atau 3 anak saya ragu kelulusannya (kurang optimis)

Tanggal 13 Juni 2009 adalah saat yang sangat menegangkan bagi para siswa kelas XII SMK N 1 Semarang, mengingat pada tanggal itulah nasibnya diketahui dalam pengumuman kelulusan mereka. Banyak siswa yang tidak henti hentinya sms gurunya, mulai dari keluahan stress, minta didoakan, hingga menanyakan lulus dan tidaknya. Bahkan ada yang malam tanggal 13 Juni nekat datang ke sekolah mencari informasi tentang nasim dirinya. Untuk siswa dari jurusan mesin, sekitar 6 anak menunggu di depan pagar bahkan di dalam halaman sekolah. Siswa TPR bahkan langsung menanyakan pada KPKnya sehubungan mereka mengetahui kalau sidang verifikasi penentuan kelulusannya digelar malam hari. Teridentifikasi mereka adalah Budi Nugroho, Nova, Niko. Meskipun Budi Nugroho cenderung optimis. Mungkin dirinya merasa posisinya tidak berada di bawah. Minimal dia ketua kelompok belajar yang ditunjuk teman-teman. Seorang ketua kelompok belajar pastilah orang yang mempunya kelebihan dibanding yang lain.

Hasil dari seluruh usaha di atas cenderung tidak sia-sia.  Diumumkan di R Aula, di hadapan para orang tua siswa kelas XII oleh Ketua Komite SMK N 1 Semarang menyatakan bahwa tahun ajaran 2008/2009 SMK N 1 Semarang tidak meninggalkan siswanya kelas XII, alias 100% lulus. Informasi yang saya dapatkan, hanya 2 SMK N di Kota Semarang yang lulus 100% yakni SMK N 7 dan SMK N 1 Semarang.

Amiin.

2 Comments »

  1. saya suka website anda…. serta RAHASIA dapat uang 10 juta per bulan dengan garansi 12 bulan/ 1 tahun , gagal uang kembali 3 kali lipat. klw kalian seriuz itu gampang banget.! buktiin aja, di sini, di
    http://www.RahasiaWebsitePemula.com/?id=kongsi!!
    saya jamin anda akan puas dengan hasil nya!! buktiin aja!! thsx

    Comment by herlan — August 11, 2009 @ 11:58 am

  2. sama sekali tidak ada penipuan n kebohongan!!! kunjungi saja…. ntr anda tau sebenar nya….!! di jamin 100000000000000000% anda puasssssssssssss…!

    Comment by herlan — August 11, 2009 @ 12:01 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: